Ternyata, Ada Sentuhan Wanita di Pulih Desain Mobil-mobil Nissan

Ternyata, Ada Sentuhan Wanita di Pulih Desain Mobil-mobil Nissan

VIVA   –  Pabrik otomotif kerap dianggap sebagai pekerjaan untuk pria. Meski demikian, tersedia campur tangan wanita untuk menunaikan desain sebuah kendaraan, agar tampak menarik dan nyaman ketika dikemudikan. Hal ini seperti dilakukan oleh produsen mobil Nissan.

Perusahaan otomotif Jepang itu mempercayakan tangan wanita bernama Kyoko Shimada, untuk mendesain kendaraannya sejak 1967. Shimada pun kini dikenal jadi wanita pertama yang menjadi perancang mobil dalam sejarah Jepang.

Shimada mengatakan, dirinya berpadu sebagai desainer untuk produk otomotif jauh sebelum undang-undang kesetaraan kesempatan kerja untuk pria dan wanita berlaku di Negeri Sakura. Masa itu, kata dia, tidak ada satu pun desainer wanita dalam industri otomotif Jepang.  

“Tetapi, Nissan lebih dulu menyadari perlunya mengarungi sudut pandang wanita dalam mendesain mobil dibanding perusahaan lainnya, karena tahu bahwa nantinya setiap rumah tangga akan memilikinya, ” ujarnya di keterangan yang dikutip VIVA, Jumat 10 Juli 2020.

Baca juga:   Kian Maraknya Penjualan Mobil dan Motor Secara Online

Berbekal tanda arsitektur dari Japan Women’s University, desainer memberanikan diri untuk menjadi bagian dari tim desainer mobil Nissan, yang terdiri dari 50 orang pria dan memiliki pengkhususan di bidang otomotif. Shimada tercatat berkarier di Nissan selama 38 tahun.

Selama kariernya sebagai seorang desainer mobil, Shimada kerap memberi sudut pandang yang imajinatif dan gres. Dia memandang mobil sebagai ‘ruang hidup’, yang membuat pengguna sanggup mengekspresikan identitas dan gaya hidup di dalamnya. Ini merupakan sesuatu pandangan unik di masa itu.

Shimada pun menganjurkan sentuhan segar pada produk-produk otomotif, salah satunya untuk pemilihan warna bodi. Dia berani memberi warna biru segar, coklat dan putih untuk eksterior, padahal saat itu kendaraan mewah semuanya serba hitam.

“Bagi saya, individualitas dari ciri khas Nissan merupakan keberanian untuk menghadapi tantangan. Sebab itu, Nissan mendorong pemikiran dengan bebas dan dapat memproduksi mobil-mobil yang berpandangan ke depan biar dapat menjawab segala kebutuhan di era baru, ” tuturnya.