Gak Cuma Artis, Kelompok Ini Pula Rentan Terjerumus Prostitusi

Gak Cuma Artis, Kelompok Ini Pula Rentan Terjerumus Prostitusi

VIVA   –  Penangkapan artis FTV Hana Hanifah karena  dugaan kasus prostitusi membuat kawanan selebriti kerap dikaitkan dengan negeri hitam tersebut. Padahal, prostitusi tidak hanya mengintai para pesohor tapi juga beberapa kelompok rentan lainnya.

Tak dimungkiri, profesi artis cenderung berdampingan dengan dunia prostitusi lantaran kerap mendatangkan uang dengan jumlah fantastis. Iming-iming tubuh dan wajah rupawan artis untuk para pria hidung belang pun begitu menggoda.

Baca juga:   Skandal Prostitusi Artis, Habib Ali: Lelaki Harus Kendalikan Nafsu

“Bisa karena banyak hal tapi utamanya karena ngerasa tidak ada pilihan lain nama lain hanya itu yang bisa dikerjakan untuk survive atau menyambung hidup sehingga mau tidak mau. Atau, ngerasa pilihan terbaik untuk memenuhi hajat finansial dalam jumlah banyak & waktu cepat dengan resource atau sumber daya yang dimiliki, ”  ujar Psikolog Klinis, Hersa Aranti, kepada VIVA , belum lama.

Tetapi, artis tak melulu kelompok yang rentan di dunia terselubung itu. Sebab, kira-kira karakter atau pengalaman masa berarakan seseorang ternyata membuatnya begitu rentan  pada godaan prostitusi.

“Berdasarkan research biasanya orang-orang yang mempunyai sejarah homelessness, unemployment, incarceration, mental health issues, violence, emotional/physical atau sexual abuse, and drug use , bisa juga orang dengan keterbatasan kesempatan kerja, contoh  transgender, ” ungkapnya.

Founder Sadari_id tersebut menuturkan, uang dari hasil pelacuran tersebut memang menjadi alasan utama seseorang terjerumus ke dalamnya. Secara uang yang memadai, berbagai hajat dapat dipenuhi oleh mereka.

“Alasan utamanya untuk menutup kebutuhan dasar seperti makan dan lain-lain. Maupun kebutuhan lain yang dirasa perlu namun tidak bisa terpenuhi, ” kata Hersa.