Sedia Nyetir di Luar Negeri Gak Ribet Lagi

Sedia Nyetir di Luar Negeri Gak Ribet Lagi

VIVA   –  Meski tulisan izin mengemudi yang dikeluarkan sebab Polri bisa digunakan untuk mengemudi di luar negeri, namun tidak semua negara mengakui keabsahannya. Banyak yang mengharuskan pengemudi dari negara lain, untuk membawa SIM Internasional.

Sebelum adanya epidemi COVID-19, pembuatan SIM Internasional kudu dilakukan dengan cara mendatangi dewan Korps Lalu Lintas Polri, yang ada di Jakarta. Hal itu tentu merepotkan mereka yang berkecukupan di daerah, karena harus muncul ke Ibu Kota hanya untuk membuat atau melakukan perpanjangan.

Terobosan baru diperkenalkan oleh Korlantas Polri pada hari itu, Rabu 15 Juli 2020. Itu resmi menawarkan Mekanisme Penerbitan SIM Internasional dari Rumah Saja. Siap, pemohon bisa membuat atau melayani perpanjangan tanpa perlu keluar rumah.

Mereka cukup mengakses https://siminternasional.korlantas.polri.go.id/ , atau cukup menulis sekapur kunci SIM Internasional melalui browser di handphone atau komputer.  

Baca Serupa:   Siapa Bilang Jadwal Kendaraan Impor Sendiri Susah?

Kemudian melakukan registrasi online dengan melakukan pengisian data muncul, dilanjutkan dengan mengunggah foto SIM yang masih berlaku, foto KTP, foto Paspor, pas foto dengan warna latar belakang putih, serta foto tanda tangan.

Selanjutnya, pilih cara pengambilan SIM Internasional. Dokumen bisa diambil sendiri di kantor pelayanan SIM Internasional Korlantas Polri, atau dikirim langsung ke rumah melalui jasa pengiriman yang saat itu bekerja sama dengan PT Gardu Indonesia dan Gojek.

Setelah semua terisi lengkap, pemohon akan menerima nomor rekening pembayaran yang saat ini menggunakan Briva Bank BRI untuk melakukan pembalasan Penerimaan Negara Bukan Pajak SIM Internasional plus tarif jasa transmisi.

“Terobosan baru ini turut mendukung program pemerintah pada adaptasi kebiasaan baru, yang meminimalisir pertemuan fisik tatap muka sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19, ” ujar Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Istiono dalam konferensi virtual di  Jakarta.