Masamba Sulsel Kembali Diterjang Banjir

Masamba Sulsel Kembali Diterjang Banjir

VIVA   –  Masamba, Ibu Kota Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, kembali dilanda banjir, Selasa, 4 Agustus 2020. Curah hujan di wilayah tersebut terbilang cukup tinggi selama beberapa hari terakhir.

Tumenggung Luwu Utara, Indah Putri Indriani, mengatakan selain faktor hujan, juga kondisi sungai mengalami pendangkalan yang sampai sekarang masih terus dilakukan pengerukan.

“Kalau iklim belum stabil, teman-teman balai (tim pengeruk sungai) terkendala, ” ujarnya kepada wartawan melalui sambungan telepon, Selasa, 4 Agustus 2020.

Indah mengecap, banjir yang terjadi akibat meluapnya sungai Masamba dikarenakan penumpukan sedimen efek banjir bandang yang menerjang belum lama ini.

Kendati demikian, dia memastikan kalau sebagian besar pengungsi tidak sungguh-sungguh merasakan dampak banjir, karena mereka rata-rata masih di lokasi eksodus yang berada di ketinggian.

Dari sejumlah video yang beredar, volume air yang terus bertambah menyebabkan permukaan air telah hampir menyentuh lintasan sebuah jembatan penghubung yang berada di dalam Kota Masamba. Jalanan beserta secara rumah warga juga mulai digenangi banjir.

Upaya evakuasi pasca terjangan banjir bandang pada 13 Juli 2020 lalu masih terus dilakukan dalam Luwu Utara. Lebih 30 target jiwa meninggal telah ditemukan. Belasan korban hilang lainnya masih dicari. (ase)