Kejagung Tegaskan Tak Ingin Serahkan Peristiwa Jaksa Pinangki ke KPK

Kejagung Tegaskan Tak Ingin Serahkan Peristiwa Jaksa Pinangki ke KPK

VIVA   –  Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono mengatakan pihaknya tidak akan menyerahkan kasus Jaksa Pinangki Sirna Malasari (PSM) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca Juga:   Sales BMW Ikut Diperiksa Kejagung Sebab Jaksa Pinangki

“Tidak ada yang namanya ide diserahkan (ke KPK), ” sirih Hari di Kejaksaan Agung dalam Kamis, 27 Agustus 2020.

Menurut tempat, aparat penegak hukum tentu di dalam menangani suatu perkara saling menolong dan ada supervisi koordinasi. Sebab, kejaksaan juga melakukan fungsi pemeriksaan dan penuntutan.

“Mari kembali pada aturan, kita sudah melakukan koordinasi dan supervisi, ” ujarnya.

Ia mengatakan masyarakat perlu mengetahui juga bahwa Kejaksaan Agung mempunyai penyidik tindak pidana korupsi, termasuk jaksa penggugat umumnya.

“Teman-teman KPK juga demikian, ada penyidiknya di sana dan penuntut umumnya di sana. Penuntut umumnya siapa? Dari kami juga. Oleh karena itu, tinggal koordinasi & supervisi, ” jelas dia.

Di samping itu, Hari mengajak masyarakat untuk sama-sama mengamati penanganan perkara Jaksa Pinangki. Tentu, Kejaksaan bakal transparansi dan memberitahu kepada publik setiap perkembangan penyidikannya.

“Kalau dibilang pelan, silakan menilai. Tanggal 4 Agustus diterima dari pengawasan, tanggal 7 penyidikan, tanggal 11 menetapkan simpulan, tanggal 12 menahan dan tanggal 27 Agustus ada penetapan simpulan baru. Kalau menurut kami, luar biasa cepat, ” tandasnya.