#TanyaDokter: Diet dan Olahraga Apa yang Aman untuk Orang Hipertensi?

#TanyaDokter: Diet dan Olahraga Apa yang Aman untuk Orang Hipertensi?

VIVA   –  Hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dikontrol. Jika Hipertensi tak terkontrol, Anda harus hati-hati karena bisa menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke atau bahkan kematian.

Menggunakan rubrik #TanyaDokter, salah seorang pembaca VIVA menanyakan hal terkait hipertensi.  

Bersama dr. Dias Septalia Ismaniar, Sp. PD yang merupakan Dokter Spesialis Keburukan Dalam RS Pondok Indah – Puri Indah, yuk cari cakap, hal-hal apa saja yang harus Anda tahu terkait hipertensi.  

Mengaji Juga:   #TanyaDokter: Batuk 1, 5 Bulan dan Bagian Kolong Payudara Terasa Sakit

Salah satu yang ditanyakan oleh pembaca VIVA terkait masalah hipertensi adalah tentang olahraga yang seragam dan aman dilakukan si penderita hipertensi juga diet apa yang bisa dijalani penderita hipertensi. Beserta ini penjelasannya.  

Tanya: Diet dan olahraga apa saja dengan dianjurkan untuk penderita hipertensi?

Tanggungan: Pada penderita darah tinggi diet yang dianjurkan adalah membatasi asupan garam. Natrium yang kudu dibatasi kurang dari 2300 mg perhari atau 2-3 sendok teh, selain itu juga makanan gemuk trans atau lemak jenuh kudu dihindari, jadi pilihlah makanan low fat. Kemudian perbanyak makanan menyimpan mineral hindari makanan yang diproses, makanan yang digoreng   dihindari juga makanan kemasan kaleng dihindari.  

Untuk olahraga ada baiknya dilakukan lima kali dalam seminggu, minimal tiap exercise 30 menit. Olahraga yang dianjurkan seperti berjalan, lari, treadmil, roda, renang, itu boleh dilakukan.