Gowes Sambil Swafoto, Guru Besar ITS Dibegal

Gowes Sambil Swafoto, Guru Besar ITS Dibegal

VIVA   –  Guru besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Udisubakti Ciptomulyono menjadi korban pembegalan saat bersepeda  di KenPark Kenjeran, Kota Surabaya, Jawa Timur, di dalam Rabu pagi, 18 November 2020. Telepon genggam beserta dokumen penting raib digondol pembegal.  

Kejadian itu diumumkan tunggal oleh Udisubakti di akun Facebooknya. ” Hari ini menjalani musibah, HP saya nomor 081553399326 juga KTP serta kartu bank dirampok orang saat gowes cepat di sekitar Kenjeran. Mohon kalau ada yang meminta aneh-2 tanpa ditanggapi. Itu adalah perampoknya , ” tulis dia di akun FB-nya.  

Besar Kepolisian Sektor Kenjeran, Komisaris Penjaga Esti Setia Oetami, membenarkan peristiwa itu. Ia mengatakan, segera sesudah kejadian itu, korban langsung mendekati Polsek Kenjeran dan mengadukan peristiwa yang dialami. “Tapi dia (Udisubakti Ciptomulyono) datang untuk secepatnya dibuatkan surat kehilangan dulu, ” katanya dikonfirmasi VIVA .

Surat kehilangan dari Polsek Kenjeran diperlukan oleh korban untuk keperluan mengatur pemblokiran nomor rekening ke bank, juga memblokir nomor telepon genggam ke pihak operator. HP objek dan surat-surat penting di dalam tas, kata Esti, raib digondol begal. “Kami layani dulu surat kehilangan, setelah itu korban katanya mau melapor resmi, ” ujarnya.

Berdasarkan cerita sementara dari korban, Esti menuturkan bahwa di dalam Rabu lagi korban gowes seorang diri di sekitar KenPark Kenjeran. Sesampai di lokasi kejadian, target berhenti lalu berswafoto. “Berfoto-toto katanya mau dikirim ke temannya. Tiba-tiba ada orang naik besar dengan cepat mengambil HP dan tas korban, ” ujarnya.

Esti belum bisa membeberkan rencana lebih lengkap dari peristiwa tersebut. Sebab, korban belum melapor dengan resmi dan belum juga dimintai keterangan. Hal yang pasti, kepolisian akan menindaklanjuti kejadian itu dan akan diungkap. “Data lengkapnya saya belum bisa sampaikan karena belum di-BAP, ” ucapnya.  

Menyuarakan juga:   Lagi, Anggota TNI Dibegal Saat Bersepeda