Jokowi Minta Mensos Langsung Salurkan Bansos Awal Januari 2021

Jokowi Minta Mensos Langsung Salurkan Bansos Awal Januari 2021

VIVA   –  Kepala Jokowi memberi target kepada Gajah Sosial Juliari  Batubara. Jokowi  meminta, Juliari segera mendistribusikan segala paket bantuan sosial atau bansos, tiba awal tahun depan.

Hal itu disampaikan Jokowi zaman menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Perkiraan (DIPA) dan Buku Daftar Peruntukan Transfer ke Daerah dan Derma Desa tahun 2021, di Istana Merdeka, Jakarta.

“Ini Pak Menteri Sosial, di mula Januari 2021 juga harus lekas diberikan kepada penerima manfaat, kepada masyarakat agar belanja masyarakat meningkat, agar konsumsi masyarakat meningkat jadi juga menggerakkan ekonomi di susunan bawah, ” kata Jokowi, Rabu 25 November 2020.

Baca pula: Hari Guru, Emil Beri Kado Rumah Murah Cicilan Rp900 Ribu

Jokowi mengutarakan, kepada seluruh jajarannya untuk menaikkan kecepatan dalam hal kinerja. Di dalam situasi krisis di masa pandemi COVID-19, tentu keadaannya tidak umum.

Selain bantuan baik, insentif atau stimulus yang diberikan kepada sejumlah kelompok masyarakat supaya tepat sasaran dan memberikan efek daya ungkit bagi perekonomian nasional.

“Seluruh rupiah yang ada di APBN maupun APBD harus betul-betul dibelanjakan untuk kepentingan rakyat, ” ujar  Presiden.

Menurut Kepala Negara, fleksibilitas dalam penggunaan anggaran serupa tak kalah penting. Ia tahu, semua yang diambil dari simpanan negara untuk membantu masyarakat. Dan tentunya mengedepankan transparansi serta kehati-hatian.

“Akuntabilitas itu menjadi bagian integral, ” ujar Jokowi.