Suruhan Naik di Masa Pandemi, Kemenperin Dorong IKM Sepeda

Suruhan Naik di Masa Pandemi, Kemenperin Dorong IKM Sepeda

VIVA   –  Pasar sepeda domestik di Indonesia mencapai 8 juta, namun industri sepeda nusantara hanya mengisi pasar sebanyak 25 persen. Untuk mendorong penerapan komponen dalam negeri, Kementerian Perindustrian akan melibatkan Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Eksekutif Jenderal Industri Kecil dan Membuang Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih mengutarakan, pihaknya akan melaksanakan  Focus  Group Discussion (FGD)  Penguatan Peran IKM Alat Mengangkat dalam Industri Sepeda. Hal ini  menyambung hasil kunjungan Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, ke pabrik United Bike kaum waktu lalu.

“Serta dibentuknya kemitraan antara PT. Benar Dunia Internusa (United Bike) dengan IKM alat angkut, ” sekapur dia di Bogor, Jawa Barat, Kamis, 3 Desember 2020.

Lanjut Gati, Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dan Memorandum of Agreement  (MOA)  ini untuk mengakselerasi IKM pada menjajaki potensi pemenuhan komponen roda maupun aksesoris sepeda yang diperlukan.

Langkah ini diambil oleh PT  Terang Dunia Internusa (United Bike) yang menyambut baik inisiasi Kementerian Perindustrian   pada mendukung pengembangan dan kemajuan pabrik dalam negeri, terlebih IKM dengan terdampak pandemi COVID-19.  

“Kerja sama dengan Departemen Perindustrian ini menjadi tonggak mutakhir dalam upaya meningkatkan perekonomian negeri lewat IKM, terutama yang baik kaitannya dengan industri sepeda.   Dengan adanya kemitraan tersebut, diharapkan dapat memberi dampak positif bagi para pelaku industri sepeda lewat kualitas supply chain yang terjaga, quality  control yang lebih mudah, serta positif dalam hal penyerapan tenaga kerja, ” kata Gati.  

Penandatanganan MOU dan MOA diharapkan menjadi kelakuan awal dalam terciptanya sinergi antar pelaku industri lokal yang saling menopang, serta sebagai pemicu untuk industri kecil dan menengah dengan potensial lainnya dalam mengambil kelakuan yang sama.

“Harapan besarnya adalah dengan adanya kemitraan yang kuat, maka industri besar yang memiliki teknologi maju secara akses besar, mampu mentransfer kemampuan dan membuka pintu pasar bagi IKM, ” ujar  Gati.  

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19